Please reload

Recent Posts

Inovasi Sumber Daya - Leadership in Motion Thailand

May 2, 2017

1/6
Please reload

Featured Posts

Inovasi Sumber Daya - Leadership in Motion Thailand

May 2, 2017

 

"Untuk berinovasi seseorang harus mempunyai pengetahuan yang luas dan melihat dunia yang berbeda" - Khrisna Ramadan

 

Siapa yang tak kenal Negeri Thailand? Negeri yang disebut-sebut sebagai Negeri " Seribu Pagoda" ini adalah salah satu negara favorit kunjungan warga Indonesia. Selain tempat-tempat wisata yang bagus, makanannya yang cocok dengan lidah orang Indonesia juga dikenal sebagai salah satu tempat belanja murah.

 

Orang-orangnya yang kreatif , disiplin dan mempunyai detail yang tinggi bisa terlihat dari cara mereka membuat Ukiran, patung yang detailnya luar biasa misal bisa kita lihat di Sactuary of truth - Pattaya terletak sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Bangkok. Bangunan ini sepenuhnya terbuat dari kayu dan penuh dengan ukiran, detail yang luar biasa membutuhkan ketelitian dan fokus tingkat tinggi. Di dalamnya kita bisa belajar banyak mengenai kepemimpinan dari tokoh-tokoh yang ada.

 

Yang terlihat sangat mencolok adalah bagaimana rakyat Thailand sangat loyal dengan raja mereka, dan sebaliknya kerajaan juga memberikan ruang dan dukungan terhadap rakyatnya untuk bisa berkembang dan berkreasi.Disini kita bisa melihat dasyatnya sumber daya manusia dengan kreativitas dan inovasinya mampu menghasilkan profit yang luar biasa dan percaya bahwa tidak ada yang gratis disana. dari wc hingga foto di sebuah pertunjukkan yang notabennya masuk berbayar.

 

Disatu sisi saya melihat beberapa perusahaan di Indonesia dimana kreativitas dan Inovasi sedang digembor-gemborkan kesulitan untuk membantu karyawannya berinovasi. Dari cerita diatas tentunya kita bisa menyimpulkan beberapa hal, apabila kita mau melakukan inovasi apa yang perlu kita lakukan adalah :

  1. Mendapatkan kepercayaan sepenuhnya dari atasan untuk melakukan kreativitas dan Inovasi.

  2. Melihat dunia luar yang luas sebagai referensi kita melakukan inovasi.

Jika anda berada di suatu ruangan dalam jangka waktu yang lama maka hanya ruangan itu yang anda tahu seumur hidup. Ataupun ketika anda berada di luar habitat anda saat ini, anda tidak mampu melihat dan belajar darinya. pernah anda mendengar pepatah " Belajarlah Hingga Ke Negri Cina" artinya adalah jika anda ingin belajar sesuatu atau melakukan sesuatu yang baru keluarlah dari habitat anda sekarang.

 

Untuk melakukan inovasi dibutuhkan kreativitas , untuk mendapatkan kreativitas yang dibutuhkan adalah :

  1. Habitat Dimana kreativitas dapat berkembang

  2. Kepercayaan

  3. Keahlian yang mumpuni ( Pembiasaan )

  4. Pengalaman dan Benchmarking

Dibawah adalah hal-hal faktor yang bisa menghambat kreativitas :

  1. Business as usual Habitat

  2. Profiling, Profile juga merupakan salah satu faktor penghambat dimana orang kreatif biasanya berada di profil (D) Dominant dan (I) Influence.Perhatikan profile karyawan anda.

  3. Background

  4. Micro Managing

Belajar di luar di tempat yang berbeda dan belajar dari orang-orang yang berbeda membuat kita mempunyai wawasan yang luas dan mampu menjadi kreatif.

 

Enquire dan Enroll untuk "Leadership in Motion" di info@ris.co.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Follow Us
Please reload

Search By Tags
Please reload

Archive
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square

Podomoro City Blok , Garden Shopping Arcade Blok B/8DH | Jakarta Barat 11470 | info@ris.co.id

© 2017 by risconsulting